Minggu, 18 Januari 2015

Pohon kelapa pohon biasa tapi istimewa,kenapa?

Pohon kelapa merupakan pohon yang sangat mudah sekali kita temukan maka tidak asing ketika melihatnya dan memandangnya sebelah mata,yah asumsi kita hanya kelapanya yang kita biasa gunakan walaupun sedikit banyak kita tahu manfaat dari pohon kelapa ini.Tapi nggak ada salahnya kita mencoba mengenalinya lebih dalam,pohon kelapa merupakan pohon yang identik menjulang tinggi dan banyak tumbuh di daerah manapun karena memang pohon ini bisa tumbuh pada kondisi tanah apapun,dan tentunya paling banyak kita temui di pantai.


.
Bila kita amati pohon ini hampir semuanya berguna bagi kehidupan sehari hari,mulai dari akar sampai daunya mempunyai manfaat yang sangat besar.Untuk itulah kenapa dalam pramuka pohon kelapa dijadikan simbol karena banyak manfaat dan dapat hidup dimanapun berada.Mari kita amati satu demi satu manfaat dari pohon ini:
  • Akar,bisa digunakan untuk obat demam dan gatal,dengan cara  meminum air bekas rebusan akar tersebut,dan tentunya setelah kita lakukan penyaringan terlebih dahulu.Di era sekarang akar lebih digunakan untu berkarya seni.
  • Batang,sudah tentu batang dari pohon ini cenderung digunakan sebagain bahan bangunan dan untuk membuat perabot ( furniture).Tapi lebih bagus untuk bahan pembuatan rangka rumah.
  • Dahan,setelah kita ambil daunya kiat bisa pakai untuk pembakaran,kalau yang muda bisa kita ambil beseta janurnya yang bisa kita pakai untuk bahan hiasan untuk pembuatan acara adat seperti pernikahan atau upacara adat.
  • Lidi,banyak yang bisa manfaatkan dari lidi baik untuk pembuatan sapu,tusuk atau buat karya senipun juga bisa,seperti untuk pembuatan piring,tas atau lainya.
  • Daun,untuk daun tua bisa kita jadikan buat bahan anyaman yang bernilai seni,dan yang muda atau janur lebih banyak dipakai orang untuk serangkaian acara sakral.
  • Bunga,sama halnya dengan janur bunga biasa digunakan untuk hiasan yang lebih sering kita temui diacara pernikahan.Dan juga berfungsi untuk pembuatan gula dari kadar air pada bunga kelapa ini.
  • Buah,untuk yang satu ini merupakan yang paling banyak manfaatnya entah buah yang tua ataupun yang muda.Untuk buah yang tua tentunya lebih berfungsi sebagai bahan masakan,Dan untuk buah kelapa muda biasa untuk pengobatan.
  • Cangkang,atau lebih kita kenal dengan istilah "batok kelapa" dapat digunakan untuk bahan bernilai seni entah itu hiasan atau perabot,dan bisa juga digunakan juga untuk pembutan arang.
Nah itulah beberapa manfaat dari pohon kelapa yang sedikit saya ketahui dan mungkin masih banyak manfaat lainya yang belum kita ketahui.Pada saat ini pohon kelapa tidak hanya dipelihara untuk diambil manfaat ketika usianya sudah tua,tapi banyak yang memanfaatkanya untuk tanaman hias yang untuk pekarangan rumah,dan kebanyakan orang menjadikan pohon kelapa sebagai tanaman bonsai yang bisa ditaruh di pot halaman rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar