Rabu, 14 Januari 2015

Tanaman apa sih bagus buat BONSAI

Bagi teman teman mungkin sudah tidak asing lagi megenai tanaman bonsai,dari kecil kita tidak jarang melihat postur tanaman kerdil ini,entah itu di halaman gedung gedung atau halaman tetangga dan tentunya tanpa sadar kita merasa kagum dibuatnya.

Satu hal ynag pasti mengenai tanaman ini adalah umurnya yang sudah tua tapi dengan wujud yang mini sehingga tanaman ini sangat cocok untuk dekorasi pekarangan bahkan untuk hiasan didalam rumah,karena tidak akan mengganggu kontruksi bangunan rumah,cukup ditaruh didalam pot seperti tanaman bunga.
Nah temen temen apa saja sih tanaman yang bisa kita jadikan untuk membuat tanaman jenis bonsai ini,kadang kita tidak tahu bahwa sebenarnya banyak sekali tanaman yang dapat kata jadikan bonsai tumbuh disekitar kita.

Ada beberapa jenis tanaman yang dapat kita jadikan sebagai tanaman bonsai seperti diantaranya sebagai berikut:
  1. Jeruk bali,Jenis batang yang cepet besar dan berdaun kecil ini bisa kita gunakan sebagai tanaman bonsai,banyak diantaranya yang sudah berhasil menjadikan jeruk bali ini sebagai tanaman bonsai.
  2. Sawo kecik,Banyak sering kita jumpai di pekarangan lingkungan sekitar kita.
  3. Beringi,Banyak jenisberingin di tempat kita namun dari jenis jenis itu semua bisa dijadikan tanaman bonsai.
  4. Pinus,Tanaman yang biasa tumbuh di hutan ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman bonsai yang bisa kita pelihara di halaman rumah.
  5. Cemara,Tanaman yang biasa tumbuh menjulang tinggi dan berdaun kecil sangat bagus buat kita jadikan bahan tanaman untuk bonsai.
  6. Pohon Palm,Tentunyan tanaman ini tidak asing bagi teman teman karena hampir semua komplek perumahan memakai jenis pohon ini sebagai penghijauan jalan walaupun tanaman ini sebenarnya bagus juga untu tanaman bonsai.
  7. Kemuning,Sebenarnya tanaman yang satu ini temasuk tanaman bunga karena tanaman ini tumbuh dengan bunga yang khas sekali baunya.
  8. Jambu Biji,Sangat bagus buat bonsai dikarenakan batanya yang kuat dan teksturnya mudah untuk di bentuk dan satu hal lagi pohon ini mudah sekali kita dapatkan. 
                                                 
Mungkin hanya itu saja yang bisa saya uraikan mengenai tanaman apa saja yang bisa kiata jadikan sebagai tanaman bonsai,sebenarnya masih banyak tanaman lain yang bagus.Yang jelas untuk tanaman bonsai kita haru bisa memilih tanaman yang umaurnya bisa panjang,batang yang kuat,daun yang kecil dan teksturnya mudah kita bentuk.Untuk selanjutnya tergantung dari cara kita untuk menjadikanya bernilai seni yang tinggi dan itu butuh kesabaran dan keuletan.


Namun diantara banyak jenis pohon yang bisa kita jadikan sebagai tanaman bonsai yaang paling mudah dan gampang kita temui adalah dari jenis pohon beringin. 

Berikut beberapa gambar bonsai dari jenis beringin:



















    Sedikit yang bisa saya tampilkan dari banyak gambar gambar tanaman bonsai,mungkin dalam kesempatan selanjutnya saya  bisa berkesempatan untuk materi yang lainya,terima kasih.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar